Senin, 14 Mei 2012

Menulis Surat Lamaran Pekerjaan


1.       Pengertian
Surat yang ditulis oleh seseorang yang membutuhkan pekerjaan ditunjukan kepada lembaga.

Surat lamaran bias ditulis atas inisiatif sendiri, berdasarkan pengumuman ataupun iklan.

2.       Unsur surat lamaran
1)      Tempat dan tangga surat
2)      Hal dan laporan
3)      Alamat surat
4)      Salam pembuka
5)      Isi surat
v  Paragraph pembuka
·         Informasi lowongan
·         Data diri pelamar
v  Paragraph isi
·         Jabatan yang dilamar
·         Kualifikasi pelamar
·         Hal yang disertakan didalam isi
v  Paragraph penutup
·         Harapn untuk diterima
·         Ucapan terimakasih



3.       Contoh surat lamaran pekerjaan
Palembang, 19 Oktober 2011
Perihal                  : lamaran pekerjaan
Lampiran             : empat lembar

Yth. Manajer Personalia
PT Alam Raya
Gedung Manggala Jaya
Jalan Jendral Sudirman 14C
Ambon

Dengan hormat,
                Berdasarkan iklan yang dimuat di Koran Ambon Express, 19 Oktober 2011, menyatakan bahwa perusahaan agrobisnis PT Alam Raya membuka lowongan sebagai akuntan. Saya bermaksud untuk mengisi jabatan tersebut.
                Saya adalah wanita berusia 24 tahun, berpenampilan menarik, belum menikah dan menguasai bahasa Inggris. Saya sarjana S1 lulusan akutansi dari Universita ITB dengan predikat cum laude tahun 2009 dan pernah bekerja sebagai karyawati di sebuah perusahaan teh selama 2 tahun sekaligus sebagai bendahara di sebuah orgaisasi.
                Untuk memenuhi persyaratan dalam iklan tersebut, bersama ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, salinan ijazah terakhir, salinan sertifikat dan keterangan pengalaman kerja.
                Saya berharap saya dapat diterima bekerja agar saya dapat menggunakan pengalaman kerja dan mengabdikan diri di perusahaan agrobisnis PT Alam Raya.
                Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,


(nama pengirim)


 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Arrogant Boss

Gimana rasanya kalo kamu kerja dibawah pimpinan yang angkuh, sombong dan menganggap dirinya sendiri dewa yang membuat peraturan? Yang mana s...